You are currently viewing International Seminar on Sensors, Instrumentation, Measurement and Metrology 2016 (ISSIMM 2016)
  • Post author:
  • Post category:News

Collaborative Research Center Advance System and Material Technology (CRC-ASMAT) dibantu beberpa dosen Fisika-UB mewakili UB untuk bekerjasama dengan ITB, UGM, ITS, dan UI dalam mengorganisir seminar internasional ISSIMM. ISSIMM merupakan gabungan dari International Conference on Sensor, Sensor System and Actuator (ICSSSA) dan International Seminar on Instrumentation, Measurement and Metrology. ISSIMM 2016 adalah even pertama setelah dua even tersebut digabung. Pada even ISSIMM 2016 ini, UB menjadi tuan rumah dengan Chairman ISSIMM 2016 adalah anggota CRC-ASMAT Dr.-Ing. Setyawan P. Sakti, M. Eng. Kegiatan utama seminar dilaksanakan pada tanggal 10 Agutus 2016 dan dilanjutkan dengan sarasehan Forum Instrumentasi pada tanggal 11 Agustus 2016.

Prof. Tatsuhiko Aizawa dari Shibaura Institute of Technology, Japan diundang sebagai keynote Speaker konferensi. Selain itu, terdapat beberapa pembicara yang diundang dalam konferensi yakni: 1). Prof. Gereon Elbers, FH Aachen University of Applied Sciences, Germany. 2). Prof. Mohd Fua’ad Rahmat, UTM, Malaysia. 3). Prof. Jakrapong Kaewkhao, NRPU, Thailand. 4). Dr. Mego Pinandito, LIPI, Indonesia. 5). Prof. Tosawat Seetawan, SNRU, Thailand. Sedangkan pembicara untuk saresehan Forum Instrumentasi (11 Agustrus 2016) yakni: 1). Prof. Dr.-Ing. Mitra Djamal (UGM). 2). Prof. Jazi Eko Istiyanto, Ph. D. (Bapeten). 3). Dr.-Ing. Setyawan P. Sakti, M.Eng. (UB).

Pada ISSIMM 2016 tersebut telah dipresentasikan 78% makalah dari abstract yang diterima dimana 6 judul makalah diantaranya adalah milik anggota CRC-ASMAT. Sejumlah 25 makalah yang telah melalui tahapan review lebih lanjut setelah konferensi, telah dipublikasikan di IEEE Xplore Conference Proceeding [ISBN:978-1-5090-1127-8] yang dimasukkan ke dalam index Scopus maupun jasa indexing lainnya. Konferensi ISSIMM 2016 ini terdaftar dalam IEEE Conference dengan nomor #39445.